Jumat, 05 Juni 2015

PENYAKIT JANTUNG

WASPADA PENYAKIT JANTUNG




Menurut data WHO, penyakit jantung merupakan pembunuh no 1 di dunia. Mungkin sekilas kedengarannya ngeri. Tapi lama kelamaan dan saking kelamaan dan saking terkenalnya ini penyakit, semua kedengarannya jadi biasa-biasa saja, bahkan bisa keluar kata, "lumrah, kan sekarang banyak orang kaya. Jadinya penyakit jantung ini seakan-akan jadi brand bagi orang kaya, kalo belum kena penyakit jantung berarti bukan orang kaya.

Pleaaase....semua orang ingin hidup sehat dan bahagia hingga ajal menjemput. Tapi karena ini era modern dan serba instan akhirnya nafsu makan kita juga ikut instan. Semua maunya serba cepat. Masak harus cepat akhirnya ada rice cooker, makanan harus enak akhirnya dikasi msg, ayam dan sapi harus cepat produksi, akhirnya dikasi hormon. Ok moga kita semua dapat secepatnya berubah dari pola-pola makan dan hidup yang keliru dan salah. Simak bahasan berikut ini.

Ciri-ciri Penyakit Jantung

1. Nyeri di dada
Gejala awal orang terkena penyakit jantung yang paling umum adalah nyeri di dada. kenapa nyeri di dada? bukan karena organ jantungnya kesakitan, tapi karena ada penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga darah yang mengalir ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

2. Mudah lelah
Memang banyak penyakit yang diawali dengan gejala mudah lelah. Nah salah satunya yang perlu diwaspadai, ini juga salah satu gejala penyakit jantung. Walaupun anda baru bangun tidur sekalipun dan tidak melakukan aktifitas berat tapi anda mudah lelah, maka anda perlu berhati-hati.

3. Sakit pada tangan
Paling sering terjadi adalah sakit pada tangan kiri, namun ada juga yang merasakan sakit pada bahu, punggung dan leher.



4. Sakit kepala
Wanita harus lebih waspada jika sering terkena migrain atau sakit kepala sebelah. menurut penelitian sakit kepala pada penderita penyakit jantung merupakan indikasi dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan denyut jantung naik turun tidak stabil.

5. Rasa sesak napas
Sesak napas yang terjadi pada penderita penyakit jantung bisa dikarenakan penebalan otot jantung, kelainan katup jantung jantung dan yang paling umum penyumbatan pembuluh darah.

6. Mual, cemas, keringat dingin dan pembengkakan


Penyakit jantung bisa kita deteksi melalui beberapa hal berikut:
1. Cek tekanan darah. Kondisi tekanan darah tinggi sangat beresiko terhadap aterosklerosis, stroke dan serangan jantung.
2. Pemeriksaan trigeliserida, LDL dan HDL.
3. Periksa denyut nadi, normal antara 60-90 per menit
4. Perkirakan kebutuhan kalori harian, jangan berlebihan.
5. Mengukur lingkar pinggang. Untuk wanita jangan melebih 88 cm, pria jangan melebih 102 cm.

Mencegah Penyakit Jantung
Jika anda sayang sama keluarga dan ingat bahwa Tuhan menitipkan tubuh ini untuk dijaga dan dipelihara dengan baik hingga akhir hayat, maka ini yang harus dilakukan.
1. Berhenti merokok. Banyak sudah yang membuktikan dengan berhenti merokok resiko terkena serangan jantung ulang turun hingga 50%.
2. Meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
3. Rajin berpuasa terutama mencegah makanan berlemak tinggi dan makanan tinggi gula garam.
4. Aktif berolahraga dan selalu berkegiatan di udara segar dan bersinar matahari baik.
5. Mengendalikan stress. Ingat 90% penyakit di akibatkan oleh makanan dan secara statistik 75% penyakit muncul karena pikiran stress.
6. Istirahat yang cukup. Ingat tidur adalah obat bagi tubuh. ketika kita tidur tubuh dapat melakukan recharge terbaik untuk kembali pulih dan bersiap untuk berktifitas penuh dikeesokan hari. Dan tidur/istirahat tidak bisa digantikan oleh vitamin atau obat terbaik sekalipun, trust me.

Jika sudah terlanjur terkena penyakit jantung atau jantung koroner ada beberapa jalan alternatif yang bisa diambil:


1. Operasi bypass Jantung (CABG = Coronary Artery Bypass Graft)
Operasi jenis pertama ini adalah yang paling umum dilakukan. Operasi ini dilakukan karena ada penyumbatan pembuluh darah arteri. Caranya dengan membuat saluran baru yang diambil dari bagian dada atau kaki.
2. Operasi katup jantung
Operasi ini dilakukan karena katup jantung terganngu atau tidak berfungsi normal. Disini katup akan dibuka agar aliran darah kembali normal.
3. Laser Jantung
Transmyocardial Laser Revascularization. Operasi ini dilakukan dengan teknologi laser untuk membuka pembuluh darah otot jantung, sehingga darah dapat mengalir kembali.
4. Transplantasi jantung
Disebut juga pencangkokan jantung atau operasi ganti jantung. Hal ini tentunya pilihan terakhir jika seluruh cara sudah tidak mempan lagi. Cukup sulit prosedur yang harus ditempuh, mulai dari mencari pendonor jantung yang tepat, menunggu kondisi tubuh yang fit dan sesuai.
5. Cara alternatif
Mungkin ini cara yang paling aman, murah dan terbaik, namun mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Berpuasa dan bergaya hidup sehat bahkan bergaya hidup organik. Dijamin 100% penyakit jantung lari tunggang langgang. Sering berpuasa meningkatkan imunitas tubuh manusia dan banyak mengistirahatkan organ pencernaan. Tentunya berpuasa yang benar bukan berpuasa yang pake sistem balas dendam saat berbuka. Berikutnya bergaya hidup sehat, menghindari daging-dagingan berlebihan, menghindari gula dan garam, mengindari minyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar